Sponsor Links

Tuesday, June 22, 2010

Meneladani Akhaq Rasulullah

Meneladani Akhaq Rasulullah
Oleh Wajiran, S.S., M.A.

Alhamdulillah segala puji hanya miliki Allah, Tuhan seru sekalian alam. Tuhan yang tidak pernah tertidur dan terlupa untuk memberikan pahala kepada setiap umat-Nya. Ia tidak pernah salah dalam memberikan balasan kepada siapa saja yang berbuat kebaikan maupun kebathilan. Allah adalah Tuhan yang Maha Adil, Tuhan yang Maha Pemurah, Maha Mengetahui, dan maha segala-galanya.

Dialah yang menurunkan wahyu melalui nabi dan rosul-Nya. Muhammad adalah salah satu nabi dan rosul yang wajib kita ikuti. Wajib kita tiru tingkah laku dan amal perbuatannya. Karena beliau adalah nabi penutup. Beliau adalah manusia terbaik di sepanjang jaman. Akhlaknya adalah Al-quran, katanya penuh dengan kedamaian dan jauh dari permusuhan dan kedengkian.

Mudah-mudahan Muhammad selalu mendapat limpahan rahmat dari Allah. Kita berharap semoga kita bisa mengikuti beliau. Hanya dengan mengikuti cara dan perilaku beliau kita akan selamat di dunia maupun di akherat.

Rosulullah adalah seorang yang teguh dalam pendirian. Ia sangat yakin akan ketentuan Tuhan dalam dirinya. Ia sangat percaya akan kekuasaan Tuhan terhadap segala sesuatu yang ada dalam alam raya ini. Maka dari itu Rasulullah tidak pernah khawatir hari esok, tidak pernah merasa putus asa dalam kondisi apapun. Rasulullah Muhammad selalu bersabar dan berdoa kepada Allah agar diberi kekuatan untuk mengatasi segala ujian dan cobaan yang ditimpakan kepadanya.

Rasulullah adalah seorang yang sangat bijaksana. Segala persoalan, baik yang berkaitan dengan dirinya maupun umatnya diselesaikan dengan bijaksana. Ia tidak pernah menghujat, mendengki, mencaci maki orang yang ada di sekelilingnya. Ia selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada mereka. Sebagai seorang pemimpin, ia mengayomi, dan membimbing orang yang ada di sekitarnya. Ia sangat menyayangi orang-orang yang ada di dalam kekuasaannya. Karena baginya umatnya adalah bagian dari dirinya sendiri. Para pengikutnya adalah bagian dari tubuhnya sendiri. Bila salah satu sakit maka ia pun ikut merasakan sakit. Maka dari itu Rasulullah tidak pernah berbuat sesuatu yang menyinggung perasaan orang lain atau bahkan mencaci maki yang jelas-jelas menyakiti orang lain.

Rasulullah juga seorang pendidik. Ia selalu mengajarkan suatu amalan dengan contoh yang sangat baik. Setiap umat, setiap pengikut akan diberi pelajaran sekaligus hikmah yang bakal dipetiknya ketika umat itu konsisten menjalankan amalan itu. Ia mengajarkan dengan perbuatan dan bukan sekedar perkataan. Kata-katanya jauh dari memerintah, pelajaran yang diberikan selalu mengandung hikmah. Dan tidak pernah ia melakukkan sesuatu yang melampaui batas. Melakukan sesuatu yang tidak berguna. Rasulullah, selalu mengerjakan apa yang dia katakan dan tidak pernah menghakimi kalaupun umatnya belum bisa mengikutinya. Bahkan ketika Rasulullah dilempari kotoran hewan, ia pun hanya membalasnya dengan senyuman. Ia manusia yang luar biasa. Ia adalah manusia yang tidak pernah berkeluh kesah. Karena itu ia adalah seorang pemimpin yang paling bijaksana sepanjang jaman.

Demikianlah sekelumit sifat manusia terbaik di mua bumi ini. Mudah-mudahan kita bisa mengikuti jejak beliau. Dengan demikian perjuangan kita di dalam setiap aktivitas, benar-benar bilhikmah wal mauidhatil khasanah. Semoga Allah selalu melapangkan hati kita untuk selalu istiqamah di jalan-Nya. Dengan tidak menghujat golongan lain. Amin. Wallahua’lam bishshawab.

Yogyakarta, 9 Maret2008

0 comments: