Sponsor Links

Sunday, July 18, 2010

Berfikir Positif

Berfikir Positif



Kehidupan kita tidak akan pernah lepas dari persoalan. Setinggi apapun posisi sosial kita, pasti persaolan akan menimpa kita. Bahkan semakin tinggi kedudukan seseorang, maka semakin berat juga persoalan yang dihadapi. Itulah sebabnya untuk meraih kesuksesan di dalam hidup ini diperlukan strategi agar persoalan yang kita hadpai tidak semakin sulit atau memperpuruk kehidupan kita.
Strategi yang perlu dilakukan agar dapat mesikapi persoalann hidup secara damai adalah dengan cara mengendalikan emosi kita. Emosi yang ada dalam didri kita itu sangat tergantung dari cara kita mengendalikan diri. Dimana pengendalian diri dipengaruhi oleh cara berfikir kita. Cara pandang atau cara berfikir inilah yang akan mewarnai cara menyikapi persoalan hidup kita. Jika kita memandang secara berat suatu persoalan, maka persoalan itu kan menjadi berat atau lebih berat dari sesunggunya. Demikian juga sebaliknya.
Sayangnya, kita sering mendramatisir persoalan hidup kita. Kita sering mudah mengeluh dengan persoalan-persoalan ringan yang sebenarnya justru akan memperberat kita sendiri. Kita sering mengeluh karena hujan, tetapi sisi lain kita juga mengeluh ketika panas. Cara pandang yang negatif terhadap suatu persoalan akan menjadikan segala sesuatu menjadi berat dan sulit. Bahkan persoalan biasa akan tanpak mengerikan karena cara pandang kita yang salah.
Sesungguhnya Islam mengajarkan kepada kita agar kita berfikir positif terhadap segala persoalan hidup. Islam mengajarkan bahwa kehidupan adalah ujian. Karena dengan ujian itu kita akan mendapatkan imbalan atau manfaat. Jika kita dapat melalui persoaln yang rumit, maka kita akan menjadi orang yang selamat bahkan jika persoalan hidup kit lebih rmit dari yang lain, maka jaminannya kemuliaan pada diri kita di sisi Allah Swt.
Pandangan positif itu hanya akan timbul pada diri kita jika kita pasrah pada kehendak Allah swt. Kepasrahan itu akan mendatangkan keikhlasan atas segala sesuatu, baik itu enak maupun sulit. Prinsipnya semakin tinggi kepercayaan seseorang kepada ketentuan Allah, akan semain mantap pula keyakinannya itu.
Berfikir positif akan mendatangkan kedamaian, ketentraman dan kesejukan dalam hidup. Dengan demikian, kehidupan kita akan menjadi cermin bagi saudar-saudara kita. Kita tidak akan pernahmengeluh apalagi putusa asa atas segala rahmat dari Allah swt. Orang-orang yang berfikir positif berkeyakinan bahwa semua datang dari Allah dan akan kembali kepada-Nya. Itulah sebabnya islam mengajarkan untuk menyerahkan segala sesuatu kepada Allah semata. Dunia adalah temapt menanam sedangkan segala yang kita miliki adalah titipan. Kewajiban kita hanya menjaga dan memanfaatkan demi kebaikan sesama. Semoga dengan berfikir positif hidup kita akan lebih terang, tentarm dan akkan lahir karya besar dalam kehidupan kita. Semoga. Amin..

0 comments: