Sponsor Links

Friday, July 23, 2010

Komitmen berkembang

Komitmen berkembang

Banyak diantara kita bingun dengan apa yang harus dilakukan dalam kehidupan. Karena itu cenderung pasif, menunggu waktu rezeki datang. Kita sering hanya dapat berandai-andai kesuksesan. Padahal ia tidak akan datang tanpa perjuangan.

Kita sering bahkan melakukan kegiatan yang tidak kita ketahui manfaatan. Duduk nongkrong di pinggir jalan. Ngobrol tanpa ujung persoalan. Banyak kegiatan yang tidak mendatangkan kebaikan.

Coba saja sejenak kita renungkan. Tugas kehidupan kita adalah berjuang sebaik dan sekuat mungkin untuk menghadapi tantangan masa depan. Tantangan tanggung jawab atau beban kehidupan tentu harus dipersiapkan.

Jangan sampai lengah dengan keadaan. Juga jangan putus asa dengan kesulitan. Jalani terus dan berusaha yang tidak kenal kelelahan akan menghasilkan keberhasilan. Kebaikan harus dilakukan secara terus-menerus tanpa memandang besaran. Karena sekecil apapun sepanjang memberikan kebaikan akan mendapat pahala bagi kehidupan. Semakin sering kita mengoreksi diri akan semakin banyak kita temukan celah-celah kekurangan. Dengan demikian kita akan dapat memperbaiki segala kekurangan.

Perjalanan kehidupan akan banyak menemukan rintangan. Baik berat maupun ringan. Ia akan datang silih berganti dengan kemenangan-kemenangan. Kadang kecil kadang besar sesuai dengan kemampuan. Semakin berat dan semakin besar halangan, maka semakin berat timbangan dan amal kebajikan. Itulah keadilan Tuhan.

Ajaklah saudaramu untuk maju bersama dan jangan maju sendirian. Kemenangan sendirian tidak akan maksimal mendapatkan kemenangan. Kamu hanya akan mendapat kan sedikit kemenangan. Tetapi kemenangan bersama merupakan jelmaan dari kebersamaan, yang berarti kemenangan kebesaran.

Karena itu jangan pernah mencari lawan dalam kehidupan, tetapi carilah teman seperjuangan. Teman akan membantu memperingan perkejaan dan beban. Teman adalah kekuatan. Tetapi jika tidak demikian, hanya musuh yang datang menghadang. Maka hadapi dengan tenang. Kondisi sulit dapat memperkuat kejiwaan. Mental dan tenaga bisa dilatih untuk bertahan.

Kemenangan kita bukan ditentukan dari kekalahan lawan. Tetapi terkadang kita pun bisa mengalah demi perdamaian. Kemengan bersama demi kebaikan lebih baik dan akan mendatangkan kemanfaatan.

Jangan menyepelekan peran saudaramu sekecil apapun. Mereka adalah penopang hidup dan kesuksesan. Tuhan akan menghitung sebagai rezki balasan, jika kamu dapat bekerja sama membangun kekuatan.

Semoga Allah memberikan jalan. Amin...

Yogyakarta, 24 Juli 2010 (angkringan)

0 comments: