Sponsor Links

Saturday, July 3, 2010

Mencari Ridho Allah

Mencari Ridho Allah

Sadarilah bahwa kehidupan kita memiliki tanggungjawab besar. Tanggungjawab kita kepada Allah adalah tanggungjawab paling utama. Oleh karena itu hidup kita akan sempurna hanya jika kita mampu mengemban amanah Allah SWT. Lalu apa yang harus kita lakukan?
Pertama, jangan pernah memanjakan hidup kita hanya untuk kesenangan sementara. Apapun tindakan kita harus kita niatkan hanya untuk mencari ridho-Nya. Setiap aktivitas adalah ibadah, karena itu harus kita awali dan niati dengan nama Allah semata.
Kedua, jangan pernah menunda suatu kebaikan. Lakukan saat itu juga kebaikan yang ada di dalam benak kita. Lakukan selagi ingat dan sempat. Menunda kebaikan adalah penyakit yang membahayakan kehidupan. Kebiasaan in dapat membunuh kita perlahan-lahan dengan habisnya usia kita sia-sia. Melakukan kegiatan tepat waktu merupakan hal penting yang harus di jaga karena dapat menyelamatkan hidup kita dunia dan akherat.
Ketiga, jangan pernah berprasangka buruk terhadap seseorang. Prasangka buruk adalah suatu penyakit yang sulit disembuhkan. Ia adalah awal mula tindakan memfitnah yang berarti memutus ukhuwah islamiah. Jangan mudah percaya pada inforamsi keburukan seseorang sebelum jelas kebenarannya. Jika kita mengambil keputusan atas prasangka, maka hasilnya akan sangat fatal. Kita dapat membunuh orang tidak berdosa karena salah pemahaman kita.
Keempat, selalu belajar pada siapa saja yang dapat dipercaya. Ilmu dapat lahir dari siapa saua, tidak pandang usia dan keturunan. Maka perbanyakllah persaudaraan dengan orang-orang berilmu dan sholeh. Mereka dapat memberi semangan bahkan menjaga dan mengendalikan kehidupan kita. Dengan mereka pula hidup kita akan terarah, dengan mereka kita dapat mengurangi beban perjuangan kita yang sulit dan berat.
Kelima, hormatilah setiap orang, terutama yang berilmu. Rangkulllah mereka dan jangan membedakan warna kulit, seragam atau golongan asal mereka. Jika berbeda pemikiran jdikan sebagai khazanah kehidupan yang dapat mendewasakan pemikiran kita. Mereka adalah pellengkap kehidupan kita dan merupakan bukti kebesaran Tuhan. Mereka dilahirkan pasti memiliki makna.
Mudah-mudahan lima prinsip hidup ini mampu membawa kita ke jalan Allah SWT. Jika hhanya rahmat dan ridho Allah yang ktia cari maka jiwa dan batin kita akan siap menghadapi segala cobaan dan ujian. Semoga karena rahmat dan karunianya kita diberi keselamatan di dunia dan di akherat. Amin...

0 comments: