Sponsor Links

Sunday, July 18, 2010

Menjadi Generasi Unggulan

Menjadi Generasi Unggulan


Menjadi pelajar (remaja) merupakan karunia Allah yang luar biasa. Pada masa inilah Allah memberi kesempatan kepada setiap manusia mempersiapkan diri untuk menghadapi kehidupan yang sesungguhnya. Oleh karena itu, pada masa remaja ini Allah memberikan beberapa kelebihan; waktu, tenaga, pemikiran, semangat dan keistimewaan lainnya.
Pada masa remaja ini hendaknya dipergunakan sebaik-baiknya untuk mempersiapkan diri untuk mengemban amanah kehidupan. Usaha mempersiapkan diri itu hanya bisa dilakukan dengan mencari bekal ilmu sebanyak-banyaknya. Dengan ilmu inilah yang nantinya akan merubah diri kita dari orang biasa menjadi luar biasa. Generasi luar biasa adalah generasi yang kuat baik lahir maupun batin. Ia tidak mudah putus asa dengan cobaan, rintangan dan halangan, tetapi selalu bersemangat dalam menyambut tantangan kehidupan.
Usaha yang dilakukan untuk mewujudkan manusia unggul diperlukan adanya kesadaran diri yang matang. Kesadaran diri tersebut dilandasi atas pemahaman bahwa manusia diciptakan hanya untuk beribadah. Manusia diciptakan dengan berbagai kekurangan, namun dengan usaha keras dapat bangkit dan memperbaiki diri. Agar terwujud apa yang menjadi tujuan tersebut, seorang remaja wajib melakukan hal-hal sebagai berikut;

1. Mengenali diri sendiri/potensi diri
Who am I?
What I have to do?
2. Memaksimalkan potensi diri
3. Menejemen waktu yang bagus
Belajar
Organisasi
Pengembangan bakat
4. Penanaman misi hidup yang jelas

Mengenali diri sendiri/potensi diri
Untuk dapat memahami potensi diri tentunya harus dilandasi dengan pemahaman diri terlebih dahulu. Kesadaran diri yang dimaksud adalah kesadaran bahwa dia punya tanggungjawab dengan posisi yang saat ini diemban, apakah sebagai pelajar, mahasiswa, pegawai dan lain sebagainya. Jika ia sebagai pelajar, maka dirinya memiliki tugas utama belajar. Belajar adalah aktivitas utama yang harus dilakukan olehnya, baik belajar formal disekolah maupun nonformal, di organisasi atau yang lainnya. Tentunya perlu diingat bahwa aktivitas belajar yang utama bagi pelajar adalah membaca dan menulis.
Pemahaman potensi diri sangat mendukung usaha yang akan dilakukan untuk mewujudkan impianya. Jika seseorang memiliki suatu potensi dan tidak dikembangkan, maka potensi itu tidak akan pernah ada manfaatnya. Tetapi sebaliknya jika ada potensi dan ada usaha, maka akan lahirlah sebuah karya besar dari orang tersebut. Seperti contoh, orang yang memiliki potensi Bahasa Inggris, tetapi karena dia tidak memahami bahwa dia berpotensi dan terus belajar mengembangkan ketrampilan lain, maka potensinya tersebut tidak akan pernah terasah. Bahkan tidak akan pernah muncul dalam karya orang tersebut.
Pemahaman terhadap potensi akan mempercepat seseorang merealisasikan impiannya. Pemahaman akan potensi membawa pada arah pengembangan diri yang jelas. Potensi yang jelas akan mempermudah seseorang di dalam mempelajari sesuatu. Bahkan dengan pemahaman ini orang tersebut akan merasa termotivasi untuk berkarya yang lebih besar. Hal itu dikarenakan aktivitasnya akan fokus pada pengembangan potensi yang memang sudah menjadi harapan dan cita-citanya.
Pada saat itulah kita harus memaksimalkan pengembangan potensi diri kita. Pengembangan ini harus dilakukan dengan usaha yang keras, tekun dan sungguh-sungguh. Usaha keras artinya melakukan aktivitas penunjang lebih dari rata-rata. Jika orang lain belajar hanya satu jam perhari, maka mereka yang berpotensi harus lebih dari itu. Tekun berarti aktivitas itu dilakukan secara terus menerus dan tidak mudah bosan. Tidak musiman atau ngot-ngotan. Usaha yang dilakukan berualang-ulang akan menghasilkan karya yang maksimal. Karena semakin sering diulang, otak kita akan semakin mudah untuk merekam segala apa yang sudah kita baca atau kita lakukan.
Ketiga, sungguh-sungguh adalah bahwa niat yang kuat akan memberikan tenaga pada seseorang untuk melakukan sesuatu. Niat yang kuat (sungguh-sungguh) akan meringankan kerja berat orang tersebut. Inilah nantinya yang akan mengantarkan seseorang pada gerbang kesuksesan di dalam meraih impian dalam kehidupan ini.
Selanjutnya, usaha keras hanya akan berhasil jika di iringi dengan menejemen waktu yang bagus. Menejemen waktu adalah cara kita membagi waktu selama 24 jam. Setiap aktivitas harian harus benar-benar diperhatikan manfaatnya. Karena jika salah membagi waktu, maka hidup kita akan sia-sia. Waktu yang digunakan secara efektif akan melahirkan karya yang luar biasa. Sayangnya kebanyakan dari kita tidak pernah memperhatikan hal ini, sehingga hidup kita dari waktu kewaktu tidak ada kemajuan berarti.
Agar hidup kita lebih terarah dan bermanfaat, maka kita harus memiliki komunitas. Komunitas ini adalah media sekaligus wahana kita belajar dan mempraktekan ilmu kita. Komunitas ini tergantung dari minat dan bakat kita. Bagi pelajar kita dapat aktif di organisasi kesiswaan (OSI, IPM dll.). Hal ini akan sangat membentu pengembangan mental dan ketrampilan sosial kita. Organisasi kesiswaan menjadi pengawas sosial, lahan dakwah dan latihan memimpin umat. Inilah cara efektif mewujudkan generasi sukses dunia akherat.
Langkah-langkah tersebut di atas merupakan modal bagi kita untuk dapat mewujudkan impian kita. Oleh karena itu, perlu kiranya kita menggali potensi diri kita secara maksimal, sehingga kita akan semakin mudah meraih impian tersebut. Misi hidup kita tidak lain adalah menjadikan diri kita pemimpin umat, atau paling tidak menjadi umat yang utama, yaitu umat yang dapat memberikan kemanfaatan bagi orang lain.
Akhirnya, mudah-mudahan tulisan sederhana ini mampu menggugah kesadaran kita bahwa kesuksesan hanya bisa diraih dengan mimpi-mimpi besar dan tentunya usaha-usaha yang lebih keras. Mimpi dan usaha keras itu tentunya juga harus diiringi dengan doa yang sungguh-sungguh. Karena hanya Allah lah yang menentukan masa depan kita, sehingga dengan doa itu kita akan mendapat kemudahan dan keselamatan dunia sampai akherat nanti. Semoga.. amin..



BIODATA PENULIS

Nama : Wajiran
Ttl : 18 Desember 1979
Panggilan : Wazier
Pekerjaan : Dosen
Alamat : Demangan, Gunungan Kec. Pleret-Bantul
Website : http://www.wajirannet.blogspot.com
e-mail : wazier79@yahoo.com

Riwayat pendidikan
SD N 1 Bandar Agung di Lampung 1992
SMP N 2 Banjit di Lampung 1995
SMK MUH. 2 Playen-Gunungkidul 1998
S1 Sastra Inggris Universitas Ahmad Dahlan 2003
S2 Fakultas Ilmu Budaya UGM 2010
Pondok Pesantren Ar Ruhamaa’ Playen 1998

Riwayat Organisasi
Kabid Dakwah IRM SMK Muh. 2 Playen (Kl gk salah he..he) 1997
Ketua 1 IMM PSH UAD 1999
Ketua Umum IMM PSH UAD 2000
Ketua Umum Korkom IMM UAD 2002
Ketua Bidang Sains dan Budaya IMM DPD DIY 2003-2004
Wakil Sekretaris MTDK PWM DIY 2005 – 2009

Jabatan lain
Dosen Sastra Inggris 2003 - sekarang
Sekretaris Pusat Pengembangan Bahasa UAD 2007 - 2009
Sekjen KAMADA 2005-2009
Anggota Badan Penjamin Mutu Universitas Ahmad Dahlan 2009 -2010

Motto Hidup:
“Never Give up to Keep Moving”

0 comments: