Sponsor Links

Friday, July 2, 2010

Rencana kehidupan

Rencana kehidupan


Kesuksesan seseorang tidak pernah lepas dari bagaimana ia menata kehidupannya. Yaitu bagaimana ia menggunakan waktu sebaik dan seefektif mungkin. Oleh karena itu setiap tindakan harus dipertimbangkan baik buruk dan manfaatnya. Jika ia lebih banyak melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat atau belum jelas manfaatnya, maka ia akan menjalani kehidupan ini dengan sia-sia.

Hidup harus dijalani dengan perencanaan yang matang. Artinya, setiap tindakan yang kita lakukan harus diketahui manfaatnya. Perencanaan memberikan kita arah dan tujuan yang jelas. Dengan demikian kita memiliki sebuah terget untuk mencapai sesuatu. Itulah hal terpenting di dalam menata kehidupan kita.

Kegagalan kita sering dikarenakan abainya kita terhadap tujuan hidup kita. Kita ingin yang terbaik dalam hidup kita, tetapi kenyataanya, kita hidup tanpa perencanaan bahkan tanpa tujuan. Itulah mengapa setiap saat kita hanya menjalani kehidupan tanpa hasil yang maksimal. Kita tidak pernah tahu apa-apa kemajuan yang sudah kita dapatkan. Kita bahkan tidak pernah mengerti apa yang menjadi target kita.

Kita sering frustasi karena melihat kesuksesan orang lain. Kita iri dengan mereka yang sukses di suatu bidang. Akibatnya kita hanya mengeluh dan meratapi nasib yang akhirnya menyalahkan diri sendiri, menyalahkan orang lain, bahkan menyalahkan Tuhan. Kita merasa tidak berdaya dengan diri kita sendiri.

Benarnyakah kehidupan yang kejam pada diri kita? Atau diri kita sendiri yang kejam dengan diri sendiri? Tuhan telah menciptakan bumi ini dengan berbagai isinya untuk manusia. Bahkan Tuhan telah memberi kesempatan kepada setiap makhluknya untuk meminta bantuan kepada-Nya jika hambanya mengalami kesulitan. Betapa besar karunia Allah sebenarnya terhadap makhluk di dunia ini.

Jika kita bersedia merenungkan, maka kita akan menemukan karunia hidup kita yang luar biasa ini. Kita akan menemukan bahwa Tuhan menciptakan segalanya dengan kesempurnaan yang luar biasa. Oleh karena itu luangkanlah waktu sebentar setiap hari untuk memikirkan diri kita dan persoalan hidup kita. Kita akan menemukan siapa diri kita dan apa yang harus kita dalakukan dalam kehidupan ini.

Maka dari itu, gunakanlah sholat minimal lima kali itu untuk benar-benar mengingat tujuan hidup ini. Jika kita merasakan masih banyak yang kurang dari diri kita, maka mohonlah ampunan dan mohonlah agar Ia memberi kekuatan diri kita untuk memperbaikinya. Rasakan setiap hembusan nafas adalah anugrah dari-Nya. Dan raskankalah segala nikmat yang telah dikaruniakan kepada kita, kita tentu akan merasakan kebahagiaan hakiki yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Renungkan kembali apa-apa yang sudah anda lakukan dan evaluasilah setiap hari apa saja kesalahan kita. Dengan begitu akan terbuka mata hati kita untuk menerima kebenaran dalam diri kita. Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang, maka kita akan dapat menemukan kedamaian dalam batin kita. Dan kita akan menjadi permata dalam kehidupan ini. Semoga.

0 comments: